Selasa, 12 November 2013

Jenis-jenis Enzim,Fungsi,Peran dan Kegunaannya

Tiap-tiap enzim memeliki fungsi atau peranan masing-masing. Berikut ini jenis enzim dan peranannya disajikan dalam bentuk tabel. Tabel 2.1 Jenis-Jenis Enzim dan Peranannya
NoGolongan EnzimJenis EnzimPeranan Enzim
1Karbohidrasea. SeluloseMenguraikan selulosa (polisakarida)menjadi selabiosa (disakarida)


b. AmilaseMenguraikan amilum (polisakarida)menjadi maltosa (disakarida)


c. PektinaseMenguraikan pektin menjadi asamPektin


d. MaltoseMenguraikan maltosa menjadiGlukosa


e. SukroseMengubah sukrosa menjadi glukosadan fruktosa


f. LaktoseMengubah laktosa menjadi glukosadan galaktosa
2Proteasea. PepsinMemecah protein menjadi pepton


b. TripsinMenguraikan pepton menjadi asamAmino


c. EntrokinaseMenguraikan pepton menjadi asamAmino


d. PeptidaseMenguraikan peptida menjadi asamAmino


e. ReninMenguraikan kasein dan susu


f. gelatinaseMenguraikan gelatin
3Esterasea. LipaseMenguraikan lemak menjadigliserol dan asam lemak


b. FostataseMenguraikan suatu ester hinggaterlepas asam fosfornya
Klasifikasi enzim
Enzim diklasifikasikan sesuai dengan reaksi yang mereka mengkatalisasi. Keenam kelas adalah:
Oxidoreductases
transferases
hidrolase
lyases
isomerase
Ligase
contoh:
  • Alkohol dehidrogenase: sebuah oksidoreduktase mengubah alkohol menjadi aldehid / keton.
  • Aminotransferase: transferase mengkatalisis degradasi asam amino dengan menghapus kelompok amino.
  • Glukosa-6-fosfatase: sebuah hidrolase yang menghilangkan gugus fosfat dari glukosa-6-fosfat, meninggalkan glukosa dan H3PO4.
  • Piruvat dekarboksilase: sebuah liase yang menghilangkan CO2 dari piruvat.
  • Ribulosa epimerase fosfat: sebuah isomerase yang mengkatalisis interkonversi ribulosa-5-fosfat dan xylulose-5-fosfat.
  • Heksokinase: a ligase yang mengkatalisis interkonversi glukosa dan ATP dengan glukosa-6-fosfat dan ADP.
Enzim yang sering digunakan dalam bioteknologi untuk melaksanakan reaksi biologis tertentu, baik sebagai pengganti bahan kimia untuk proses industri atau untuk produksi bioproducts komersial, makanan dan / atau obat-obatan. Sebagian besar penelitian masuk ke dalam menemukan atau menciptakan enzim dengan sifat tertentu tapi kadang-kadang enzim tidak 100% sesuai dengan kondisi-kondisi yang diperlukan. Meningkatkan karakteristik enzim untuk membuatnya lebih cocok, karakteristik seperti termostabilitas, pH optima, atau spesifisitas substrat, dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan. Masing-masing pendekatan berbeda dalam hal jumlah kontrol dan spesifisitas menawarkan dalam hal mengubah protein atau gen pada tingkat molekuler.
1) Seleksi Alam
Secara teknis, ini bukan contoh bagaimana bioteknologi digunakan untuk mengubah gen atau enzim, tetapi merupakan contoh bagaimana peneliti mungkin memperoleh enzim dengan sifat-sifat yang diinginkan, dalam sederhana, cara yang paling jelas mungkin. Pilihan yang paling sederhana adalah dengan melakukan apa-apa pada tingkat molekuler, tapi mencari protein yang terjadi secara alamiah dengan karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan kami dimaksudkan.
Meskipun ini adalah salah satu yang paling tradisional menerapkan praktik-praktik bioteknologi awal, digunakan jauh sebelum kita punya ilmiah “know-how” untuk mengontrol urutan genetik dan protein, hal ini masih digunakan sampai sekarang. Misalnya, dalam perburuan enzim termostabil yang benar-benar, mampu katalisis metabolik pada suhu setinggi 80-100 ° C, para ilmuwan secara aktif mencari ventilasi hidrotermal laut di seluruh dunia, untuk spesies baru bakteri mengekspresikan gen baru.
2) Tekanan Selektif
Jika enzim yang terjadi secara alamiah dengan sifat yang diinginkan tidak tersedia, pilihan yang paling sederhana di samping mendapatkan satu adalah untuk menciptakan lingkungan seleksi alam dipercepat. Artinya, mengambil mikroorganisme mengekspresikan enzim dengan sifat seperti dekat dengan sifat-sifat yang diinginkan seperti yang Anda dapat menemukan, dan terekspos terhadap kondisi intensitas secara bertahap-meningkat. Jika enzim termostabil yang Anda miliki memiliki suhu optimum 60 ° C, Anda dapat mencoba tumbuh mikroorganisme pada 65, kemudian 70, kemudian 75 ° C dan secara bertahap bekerja sampai suhu yang Anda inginkan, di hadapan substrat yang menarik. Jika substrat adalah sumber karbon, memberikan itu sebagai satu-satunya sumber karbon di media memaksa mikroba untuk memanfaatkan sumber tersebut sebagai makanan, dan secara bertahap meningkatkan suhu mungkin mengakibatkan adaptasi terhadap aktivitas enzim lebih efektif pada suhu yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar